Peranan Penting Hutan Bagi Kehidupan




    Saat ini banyak kita jumpai kasus-kasus penebangan dan pembakaran hutan yang dilakukan oleh oknum-oknum yang tidak bertanggung jawab, yang dilakukan hanya semata-mata demi kepentingan pribadi atau kelompok seperti pembakaran hutan untuk membuka lahan pabrik, ataupun perkotaan. Namun penebangan dan pembakaran hutan secara besar-besaran dan membabi buta hanya akan membawa dampak negatif bagi kelangsungan kehidupan semua makhluk hidup yang ada di bumi.

    Maka dari itu kita sebagai manusia harus mampu menjaga kelangsungan hutan demi menjaga kelangsungan hidup semua makhluk hidup yang ada di bumi. Adapun beberapa manfaat hutan bagi kehidupan yaitu untuk menyerap karbondioksida (CO2) agar dapat menjaga iklim bumi agar tetap stabil. Kemudian hutan juga sangat berperan untuk menghasilkan oksigen yang ada pada bumi.

    Hutan juga merupakan tempat bergantungnya kehidupan berbagai spesies hewan, karena sebagian besar spesies hewan di dunia menjalankan kehidupanya di hutan. Otomatis, jika kerimbunan dan keberadaan hutan sudah mulai berkurang, bukan tak mungkin beberapa spesies hewan di bumi pun akan terancam kepunahan.

    Cadangan air yang ada di bumi pun sangat di tentukan oleh keberadaan hutan, karena penyerapan yang dilakukan tumbuhan yang ada di hutan akan mampu menghasilkan cadangan air yang sangat besar. Dan yang terakhir, akar pada pepohonan yang ada di hutan juga akan bermanfaat bagi mencegah erosi dan tanah longsor

Post a Comment