Penyebab Dan Cara Mengatasi Mimisan

   

    Mimisan adalah pendarahan yang keluar dari hidung yang disebabkan karena lepasnya mukosa yang mengandung pembuluh darah kecil. Mimisan sering terjadi pada balita, anak, dan orang dewasa. Kami akan memberikan beberapa penyebab terjadinya mimisan, dan cara mengatasinya.

    Ada beberapa faktor yang menyebabkan terjadinya mimisan. Faktor yang pertama adalah cuaca panas. Pada saat cuaca panas, kelembaban berkurang, maka bagian setrum akan mengering dan bisa mengakibatkan iritasi yang menjadi faktor pendarahan dari dalam bagian hidung. 
 
    Faktor yang kedua dikarenakan oleh adanya tumor di rongga hidung atau biasa disebut angiofibroma. Tumor ini biasanya ditemukan pada anak usia muda atau dewasa, tumor ini terlihat seperti benjolan sebesar biji nangka dan berwarna merah keputihan pada bagian hidung. Mimisan juga bisa datang saat kita sedang terkena penyakit demam berdarah.

    Adapun beberapa cara mengatasi mimisan adalah, yang pertama dudukkan penderita mimisan agar hidung lebih tinggi dari jantung dan hindari posisi tidur telentang yang bisa menyebabkan aliran darah ke hidung bertambah deras. Kemudian bungkukkan badanya sedikit ke depan, lalu beri instruksi untuk bernafas dari mulut. Lalu tekan cuping hidung selama lebih kurang lima menit, setelah itu berikan kompres dingin di bagian hidung untuk memperlambat aliran darah ke hidung.

    Itulah beberapa penyebab dan cara mengatasi mimisan. Disarankan, apabila setelah melakukan beberapa cara di atas namun mimisan juga tak kunjung reda, maka sebaiknya bawalah penderita mimisan ke rumah sakit untuk mendapatkan penanganan yang lebih intensif oleh dokter.

Post a Comment