Kenali Potensi Anak Sedari Dini




    Peranan orang tua sangat penting dalam perkembangan potensi yang dimiliki oleh seorang anak. Maka dari itu orang tua harus tau cara - cara untuk membantu anak mengembangkan potensi yang ada di dalam diri anak tersebut. Berikut akan saya bahas beberapa tips untuk mengenal dan mengembangkan potensi yang dimiliki anak.

    Untuk yang pertama orang tua harus melihat bakat - bakat dari keluarga besar, misalnya bakat dari kedua orang tua. Karna pada umumnya, bakat yang dimiliki orang tua sedikit banyak akan turun kepada sang anak. Cara kedua, orang tua harus melihat dan membimbing secara langsung pada saat anak melakukan aktivitas - aktivitas pengembangan bakat seperti musik, dan olahraga. Kemudian orang tua harus memilih salah satu dari bakat - bakat tersebut yang paling menonjol dari diri sang anak.

    Setelah mengetahui bakat sang anak, orang tua hendaknya tidak membatasi aktivitas - aktivitas anak selagi masih berkaitan dengan perkembangan bakat tersebut. Karna anak memiliki mood yang mudah berubah - ubah, selagi ia ingin melakukan hal tersebut, maka biarkan saja ia melakukanya.

    Meski orang tua tidak membatasi kegiatan anak dari pengembangan bakatnya, orang tua juga wajib untuk mengatur jadwal latihan tetap untuk sang anak. Misalnya saja 2 kali dalam seminggu. Hal ini bertujuan agar sang anak tidak keluar dari jalur bakat yang dimilikinya. Dan yang terakhir, orang tua hendaknya memberikan fasilitas sarana dan prasarana demi membantu sang anak dalam proses pengembangan bakatnya.

Post a Comment