Tips Mencegah Kerusakan Tulang



    Gejala-gejala kerusakan tulang memang terkadang datang tanpa kita sadari, seperti halnya osteoporosis yang terjadi pada kita yang tiba-tiba saja sudah masuk ke stadium lanjut. Maka dari itu sebaiknya sedari muda kita sudah menjaga kesehatan tulang, dan menghindari hal-hal yang dapat memicu terjadinya kerusakan tulang.

    Masa-masa pertumbuhan adalah saat-saat yang paling bagus untuk menjaga kepadatan tulang, pada usia pertumbuhan ini perbanyaklah asupan vitamin D dan kalsium yang masuk ke tubuh kita, kita bisa melakukanya dengan meminum susu setiap hari. Di samping itu, lakukanlah olahraga dengan teratur.

    Lalu hindarilah merokok dan mengkonsumsi alkohol, merokok dapat mengakibatkan tulang keropos dengan cepat. Kemudian zat-zat berbahaya yang terkandung pada alkohol akan membuat tubuh tidak mampu menyerap asupan kalsium dengan baik, sedangkan kalsium merupakan zat yang sangat penting bagi tulang.

    Menghindari mengkonsumsi makanan instan juga baik untuk menjaga kepadatan tulang, karena zat sodium yang banyak terkandung pada makanan instan akan menguras zat-zat baik yang diperlukan oleh tulang. Yang terakhir lakukanlah tes kepadatan tulang ke dokter untuk mengetahui perkembangan-perkembangan yang terjadi pada tulang anda

Post a Comment