Biji Jambu Mengakibatkan Usus Buntu, Fakta Atau Mitos ?



    Jambu biji merupakan salah satu buah-buahan kaya manfaat yang tidak sulit ditemukan di lingkungan sekitar, jambu biji juga disebut-sebut bisa menjadi obat bagi penderita demam berdarah. Namun ada mitos yang sering kita dengar apabila menelan biji dari buah jambu, maka kita bisa terserang usus buntu. Apakah ini hanya sekedar mitos atau memang fakta yang sebenarnya ?

    Sebenarnya semua biji-bijian yang sulit di cerna akan masuk ke bagian appendiks dan akan menjadi bakteri yang berkembang biak di dalam tubuh. Dan bakteri inilah yang membuat infeksi pada usus, dan mengakibatkan usus buntu. Namun menurut keterangan para dokter, kemungkinan terjadinya hal ini sangat kecil.

    Para dokter pun menegaskan bahwa sebenarnya yang mengakibatkan usus buntu adalah kurangnya asupan air yang diterima oleh tubuh. Kurangnya asupan air, membuat pencernaan menjadi tidak lancar. Hal ini mengakibatkan menurunya frekuensi BAB, sehingga membuat makanan yang telah membusuk tersumbat di dalam usus.

    Hingga pada akhirnya, kotoran yang tersumbat akan naik dan masuk ke bagian usus buntu. Karena kotoran mengandung banyak bakteri, maka usus akan mengalami infeksi, dan mengakibatkan penyakit usus buntu.

    Jadi, biji jambu mampu mengakibatkan usus buntu memang bukan hanya sekedar mitos, namun tidak tepat jika dikatakan apabila kita menelan biji jambu maka kita akan terkena penyakit usus buntu.

Post a Comment