Bahaya Minuman Bersoda



    Minuman bersoda memang nikmat dinikmati di kala santai, di saat cuaca panas, ataupun sebagai minuman hidangan di saat pesta. Minuman bersoda pun sering dicampur dengan es batu oleh orang-orang agar minuman tersebut lebih terasa menyegarkan.
Namun dibalik semua kenikmatan yang ditawarkan oleh minuman bersoda, ternyata terlalu banyak mengkonsumsi minuman bersoda memiliki dampak yang tidak baik bagi kesehatan.

    Bahaya minuman bersoda yang pertama adalah karena memiliki kadar gula yang tinggi. Kadar gula yang tinggi yang terdapat pada minuman bersoda dapat menghancurkan vitamin B di dalam tubuh, yang akan mengakibatkan buruknya pencernaan karena vitamin B di dalam tubuh berkurang.

    Minuman bersoda juga mengandung CO2 yang menyebabkan lambung tidak bisa menghasilkan enzim yang sangat penting untuk proses pencernaan. Selain itu minuman bersoda mengandung kafein yang menyebabkan meningkatnya frekuensi detak jantung, naiknya tekanan darah, serta bertambahnya tingkat keasaman lambung. 

    Kemudian minuman bersoda juga mengandung zat asam fosfor, malik dan karboik yang dapat menyebabkan kerapuhan dan kelemahan pada tulang, dan juga dapat membuat kerapuhan gigi. Menurut para dokter dan ahli, zat-zat kimia yang terdapat pada minuman bersoda juga dapat melemahkan fungsi otak, meningkatkan resiko diabetes, dan juga dapat memicu tumbuhnya sel kanker.

Post a Comment