Penyebab Modem Sering Disconnect Dan Cara Mengatasinya


    Sering terjadi disconnect pada modem memang sangat mengganggu aktivitas kita dalam berinternet. Terlebih saat kita sedang mendownload file yang berukuran cukup besar, yang terkadang bisa menggagalkan proses download, dan dapat merusak file meski proses download sudah di resume saat modem sudah kembali connect. Oleh karena itu kita harus mengetahui penyebab modem sering disconnect dan bagaimana cara mengatasinya.
 
    Penyebab sering terjadinya disconnect pada modem pun sebenarnya cukup beragam, mulai dari kerusakan software, virus, atau juga bisa karena buruknya sinyal yang ditangkap oleh modem. Untuk mengatasi kerusakan pada software modem, kita bisa mengatasinya dengan menginstal ulang software modem tersebut. Dan apabila masih sering terjadinya disconnect, ada kemungkinan jika kerusakan terjadi pada modem. Kalau sudah seperti ini disarankan untuk mengganti modem yang kita pakai dengan modem yang lebih baik.
  
    Penyebab sering terjadinya disconnect berikutnya adalah karena virus yang terdapat pada komputer atau laptop. Untuk mengatasi hal ini, lakukanlah scan dengan menggunakan antivirus untuk membersihkan komputer atau laptop kita dari virus tersebut.
  
    Dan penyebab yang terakhir adalah buruknya sinyal yang ditangkap oleh modem. Untuk mengetahui baik atau buruknya sinyal yang ditangkap oleh modem sangatlah mudah, kita bisa memperhatikan sinyal 3G yang ditampilkan pada software modem, apakah sinyalnya stabil atau naik turun. Selain itu kita juga bisa memperhatikan status UMTS atau HSDPA yang biasanya akan berubah-ubah menjadi EDGE atau GPRS jika sinyal atau jaringan yang ditangkap modem tidak baik.

Post a Comment